hino RM 380

spesifikasi HINO RM380 keluaran terbaru dari HINO

GEBRAKAN BARU DARI  HINO UNTUK MASUK KE PASAR BUS PREMIUM DUNIA



 Sejak sekitar 10 tahun terakhir, bisnis jasa transportasi darat bus antarkota dan bus pariwisata di Indonesia dimeriahkan oleh hadirnya bus-bus dengan mesin bertenaga besar, di atas 300 horse power dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang canggih.
Tren pemakaian bus-bus bertenaga besar seperti ini makin menggeliat dalam tiga tahun terakhir seiring dengan bertambahnya ruas panjang jalan tol di Indonesia serta membaiknya sektor infrastruktur jalan raya. Bus-bus dengan spesifikasi demikian sangat diandalkan pengusaha angkutan dalam menyediakan layanan jasa transportasi bus malam jarak jauh atau bus untuk kebutuhan pelesir yang memberikan kenyamanan lebih.
Hino merespon itu dengan meluncurkan bus Hino RN285 pada gelaran pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, bulan September 2013. Bus ini mendapat respon pasar cukup baik terbukti dengan dioperasikannya sasis bus ini oleh sejumlah perusahaan transportasi bus malam dan bus pariwisata di Tanah Air, terutama di Pulau Jawa.
Untuk kehadiran perdananya di Indonesia, HINO RM 380 ini berbendera PO Harapan Jaya dengan ciri khas livery kuda jingkraknya, hadir juga dengan body terbaru dari karoseri Laksana Ungaran New Legacy SR 2 XHD Prime yang memang sedang naik daun. Menurut kabar yang sedang hangat dibicarakan oleh penggemar bus di Indonesia, bus terbaru Harapan Jaya HINO RM 380 ini akan ditampilkan di stand HINO dalam acara GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 10 hingga 20 Agustus 2017 di ICE BSD City.
Mungkin dari kita memiliki pertanyaan mengapa HINO RM dalam spesifikasi tehnikalnya dituliskan dengan menggunakan 390 PS, lalu satuan ini sama dengan berapa HP ya ? Nah tidak perlu bingung, berikut ini konversi standarnya adalah 1 PS = 0.98632 HP.
Jadi jika tertuliskan 390 PS = 384.6648 HP, dan dibulatin saja jadi 380 HP. Nah kami harap tidak perlu bingung lagi dengan masalah satuan power ini tapi ayonaikbis.com tidak akan membahas masalah satuan lebih jauh, karena kami akan membagikan spesifikasi lengkap HINO RM 380 ini.


Apa saja keunggulan HINO RM 380 yang ditawarkan untuk bersaing dengan perusahaan asal Eropa baik Mercedes Benz dan Scania yang tentunya sedang bersaing ketat saat ini. Jadi jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai perhitungan satuan lainnya dapat Anda buka kembali buku-buku fisika. 
Berikut ini adalah spesifikasi tehnis lengkap mengenai HINO RM 380 data kami ambil dari HINO Malaysia :
Chassis HINO RM 380 sama seperti SCANIA K360 yaitu menggunakan air built suspension dan menggunakan bagasi tembus,proses pemotongan chassis di bantu dan di pantau langsung oleh pt.hinobus.com dan menggunakan rangka rangka yang terpercaya dan berkualitas 

ENGINE / MESIN HINO RM 380

  • MODEL : E13C-UT
  • TYPE : Diesel, 4-cy.,vertical, 6-cyl. in-line, overhead camshaft, water cooled, direct Injection
  • DISPLACEMENT (cc) : 12,913
  • MAX OUTPUT (JIS GROSS) kW(PS)/rpm : 287 (390) / 1,800
  • MAX. TORQUE (JIS GROSS) Nm(kgfm)/rpm : 1952 (199.0) / 1,100
  • BORE & STROKE (mm) : 137 x 146
  • FUEL INJECTION SYSTEM : Electronic control Commonrail type with aneroid compensator
  • AIR INTAKE SYSTEM : Turbo Charged & Intercooled
  • MAX.ENGINE SPEED (rpm) : 1,800

CLUCTH DAN KOPLING HINO RM380

  • TYPE : Dry single plate with damper springs with auto adjuster
  • DIAMETER (mm) : 430 with automatic gap adjuster

TRANSMISSION / TRANSMISI

  • MODEL/NO. OF SPEED : ZF 6S1910BO / Manual 6-Speed
  • TYPE : Six (6) forward and one (1) reverse, overdrive, synchromesh 1st – 6th with integrated retarder
  • RATIO  (1st – Top) : 6.435 / 0.805

AXLE DAN POROS PENGGERAK
  • FRONT / DEPAN
    • TYPE : Reversed Elliot, “I” section beam
    • CAPACITY (kg) : 7,000
  • REAR / BELAKANG
    • TYPE : Full floating, single reduction, single speed by hypoid gearing
    • CAPACITY (kg) 12,000

BRAKE / REM

  • SERVICE BRAKE TYPE : “S” cam type, leading & trailing shoes for front and rear wheels
  • SERVICE BRAKE CONTROL : Full air, dual circuits with Antilock Braking System (ABS)
  • PARKING BRAKE TYPE : Spring brake acting on rear wheels for emergency and parking purpose

SUSPENSION / SUSPENSI

  • FRONT TYPE : Air bag suspension with double acting shock absorbers and stabilizer
  • REAR TYPE : Air bag suspension with double acting shock absorbers and stabilizer

FRAME / RANGKA

  • FRAME WIDTH (mm) : 870
  • HEIGHT × WIDTH × THICKNESS (mm) : 230 x 75 x 8.0


desain kabin yang sangat dinamis membuat armada itu semakin di minati oleh pembeli pasar bus premiun
KABIN
  • STEERING : Telescopic & tilt steering column with locking device, recirculating ball with hydraulic booster, integral type

WHEELS & TIRES / BAN & RODA

  • WHEEL TYPE : 10 stud disc wheels
  • RIM SIZE : 22.5 x 8.25 – 165mm
  • TIRE SIZE : 295/80R22.5

ELECTRICAL / ELEKTRIK

  • TYPE : 24V, Negative Earth
  • BATTERIES : 12V x 2 , Series connection
  • ALTERNATOR CAPACITY : 24V, 90Amp + 120 Amps

FUEL TANK / TANGKI BAHAN BAKAR

  • CAPACITY (L) : 350

PERFORMANCE

  • G.V.W Rating (kg) : 18,000
  • PERFORMANCE MAX SPEED (km/h) : 100 (*with Speed Limiter)
  • GRADEABILITY (tan Ø) % : 50.1

TRANSMISSION RATIO

  • MODEL : ZF 6S1910BO
  • 1st : 6.435
  • 2nd : 3.769
  • 3rd : 2.259
  • 4th : 1.444
  • 5th : 1.000
  • 6th : 0.805
  • REVERSE ; 5.887

REAR AXLE / POROS BELAKANG

  • MODEL : SH18
  • RATIO : 3.583

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://bodybis.blogspot.co.id/2018/02/penampakan-bus-terbaru-mitra-rahayu.html